Langsung ke konten utama

Pengalaman Interview

Selamat Malam Sobat,

Gue mau cerita panjang tentang pengalaman gue saat cari-cari kerja. tapi untuk ini saya lebih menceritakan keringat dan air mata saat interview, ya interview kerja.. terlalu banyak pengalaman yang aku dapatkan dari interview kerja dari yang awal interview dengan bicara gagu' hingga sampai interview lancar jaya tanpa takut lagi untuk menghadapi orang yang pertama dikenali. ya mau gimana, baru kenal udah tanya sana sini, tanya nama orang tua, keluarga, umur, alasan. ya kalo cewek sih masih enak cuma kadang curi-curi pandang kalo interaksi. kalo cowok, duh rasa ane aja ditanya detail gitu, tapi demi pekerjaan langitpun akan kutempuh.Gue mulai aja ya

Interview pertama
          Interview pertama gue berakhir tragis, ya disaat penghujung interview pertanyaan yang membuat saya menjadi ragu untuk kerja disana. Pertama, seperti biasa saya interview oleh HRD nya, lupa nama Masnya, tapi seperti biasa pertanyaan: kenapa daftar disini, alasan pindah dari kerja lama, berapa gaji yang diminta dll. Da ditutup dengan penjelasan perusahaan . nah disini aku sendiri yang salah tidak mempelajari perusahaan yang kudaftarin. Hahaha.. jadi kayak orang bingung.. akhirnya HRD menjelaskan secara detail agar saat interview dengan USER berjalan lancar. Ya tiba saatnya, gue interview dengan USERnya, langsung aja semuanya berjalan lancar walaupun gugup. Pas tanya, gaji aku bilang 4.000.000 all-in. Wah langsung Usernya liat saya, hahaha.. anak baru lulus minta segitu, tapi Usernya terima. Nah, pas ditanya dimana aja aku daftar kerja, aku menjelaskan bahwa passion ku di bangunan. Perusahaan yang lagi interview ini perusahaan pembuat rak. Akhirnya keraguan ku pun muncul dan NODEAL. Kecewa sih karna perjalanan gue jauh banget kesitunya tapi gag apa-apa Pengalaman.
Interview kedua.
Gue saranin kalo interview pelajarin atau review apa lowongan yang kamu daftarin. Aku merasakan di interview kedua, oke perusahaannya pas banget dengan passionku tapi pas interview itu langung HRD dan Usernya. Hemmm.... ini HRD kayaknya orang yang sesuai dengan jurusan saya. Pertanyaan awal yang seperti biasa, dan  mental gue pun udah jadi. Tapi pas ditanya teknical ato bisa dibilang pekerjaan yang dilamar disitu saya kelabakan. Bukan gag tau, tiba-tiba blank. Ditanya ini-itu, saya gag langsung jawab tapi mikir dulu. Ya namanya juga interview kedua 180 derajat beda ama yang awal. Ya namanya juga HRD pasti memberikan harapan bagi Jobseekernya. Tungu seminggu dua minggu ya mas, nanti kami panggil. Udah sebulan gag ada juga, ya .. sadar akan kekurangan tadi semenjak itu aku belajar apa yang perlu untuk lowongan tersebut.

Interview ketiga.
          Ini interview yang buat gue bener-bener gregetan. Manis omongan aja ni HRD. Tapi gag apa-apa itu lah cara mereka untuk menyakinkan para jobseeker, gag bisa disalahkan juga karena mereka sendiri memilih yang terbaik dari yang terbaik. Mungkin gue masuk kriteria tapi masih ada yang lebih baik. Ahahhaa.. disini gue udah lancar banget untuk interview.. wah udah gag takut lagi buat interview... hahaha.. HRD nya juga orang umum, kurang paham saat lowongan kerja yang aku daftrakan. No problem setidaknya aku bisa menjelaskan nya. Disini gue 2x interview dengan RD yang berbeda belum Usernya. Tapi belum ketemu Usernya, HRD itu udah menyakinkan saya dengan memberikan tugas untuk cari orang2 yang sesuai dengan lowker terseut. Secara pemikiran gue, ah besar kemungkinan gue dapet, nyatanya...  sebualn belum jga, FAIL..

Interview keempat
          Ini bukan tempat kerja yang gue harapin sih. Tapi gag enak juga uda ditelpon 3x. Dengan penuh keyakinan mungkin gue dapet sini. Oke pas sampai langsung test psikotest, english, umu, ama technicalnya. Lancar.... nah pas interview ke HRD posisi yang gue lamar dipindahin dibagian yang bukan gue banget. Ya kecewa lah secara posisi yang kita lamar untuk kita yang memang memahami diri kita bisa kerja di bagian itu tapi di pindah dibagian yang aku sendiri ada keahlian yang tidak bisa. Mau gimana??? Ya moga-moga aja minggu ini ada panggilan karena HRDnya kemarin sepertinya memberi harapan yang cukup menyakinkan.. hahahaha

Interview kelima
          Ini perusahaan yang gue inginkan pas passion saya, pas sampai disana langsung test itung-itungan tehnical. Ya baru sampai dikasih gituan, awalnya blank tapi selesai juga. Nah interview dengan HRD nya, dari segala HRD yang guw temuin, ini yang sangat professional. Cara bicara menyampaikan segalanya itu pas banget sampai aku faham akan perusahaan tersebut. Karena pengalaman interview saya udah penuh maka saya pun lancar untuk interviewnya. Alhamdulillah saya ditelpon 2 hariny setelahnya untuk interview dengan user dengan 2 lowongan kerja. Moga-moga dapat pekerjaan minggu ini. Amiin...

Interview ke enam.
          Ini yang salah yang menghubungi saya. Hahaha.. dan saya juga masih awam udah daftar jadi managernya.. hahaha.... iu jabatan yang memang udah berpengalaman. Kalo gaga, bisa kacau balau. Hahahaha.... ya gue ceritain aja, pas sampai seperti biasa test itung-itungan.. wah mudah lah, nah pas interview user... deng-deng-deng.... aku di ceramahin. Hahaha... gue gag bisa apa-apa , salah gue juga daftar bagian itu... tapi di lowongan tertulis Fresh Graduater are apply. Ya gue daftar.. tau lah orang lagi cari kerja apapun yang pas didaftarin aja. Ahahhaaa.... bapaknya bilang, mas, umurmu masih muda ada baiknya dari bawah dulu jangan langsung atas. Berani anda daftar. Hahaha... gue diam aja, kalo ini emang gag dapet kayaknya. Tapi dia memberikan harapan bahwa akan ditelpon jika ada posisi yang pas.. amiin,,, moga aja ya..


Dari interview yang sampai saat ini gue jalanin bukan hasil yang bisa gue timbangkan tapi lebih ke prosesnya. Terkadang pengalaman lebih penting dibandingkan hasil. Interview ini membuat saya menjadi orang yang berani berinteraksi dengan orang baru dikenali, penggunaan tata bahasa yang baik dan benar, menjadikan saya lebih tangguh dalam menghadapi berbagai macam watak manusia dan membuat saya mudah beradaptasi.. tapi dari pengalaman yang tidak dapat dibeli dengan uang itu, tetap satu tujuan yang ingin kugapai memperoleh pekerjaan. Amiinn..

Komentar

Postingan populer dari blog ini

METODE KERJA PENGECORAN SLAB ON GROUND

1.     Pembersihan lokasi SLAB yang akan di betonisasi. 2.     Pembuatan rangkaian tulangan / wiremesh dapat dipabrikasi di lokasi proyek atau didatangkan dalam bentuk jadi. 3.     Pekerjaan pengukuran dilakukan selama pekerjaan berlangsung untuk menentukan elevasi ketinggian konstruksi, kontrol kedataran Slab ( ± 0.00 ), kebenaran posisi slab dan yang lainya. 4.     Pengecoran LC   agar tidak terjadi penurunan saat konstruksi sudah selesai dibangun sehingga menyebabkan kerusakan atau retak-retak. 5.     Pemasangan besi tulangan atau wiremesh diatas LC ( Lean Concrete). 6.     Pemasangan papan bekisting pada tepi cor dan stop cor. 7.     Pengecoran beton dilakukan setelah pembesian dan bekisting terpasang sempurna. 8.     Perataan permukaan slab dilakukan saat cor masih basah menjelang kering. 9.     Penundaan proses pengeringan beton agar tidak mengalami keterakan dapat menambahkan bahan kimia pada adukan, atau dengan menutup permukaan beton dengan kain karung b

METODE KERJA PEMASANGAN CLADDING

  Pelaksanaan   : 1.     Tentukan luas bidang dan titik tengah yang akan diaplikasikan cladding 2.     Kemudian pasangkan rangka seperti CNP, siku, dll disesuaikan dengan berat cladding 3.     Jarak rangka untuk cladding sesuai dengan shopdrawing yang telah di approval 4.     Pemasangan cladding dimulai dari tengah titik yang telah ditentukan semula. 5.     Kemudian pasang sekrup tembak untuk menguatkan bidang cladding 6.     Terakhir untuk finishing pekerjaan cladding, dilakukan pengecatan sesuai desain warna yang diinginkan.    

METODE KERJA ACIAN DINDING

Persiapan Pembuatan dan pengajuan gambar shop drawing pekerjaan acian. Approval material yang akan digunakan. Persiapan lahan kerja. Persiapan material kerja, antara lain : MU 200 Persiapan alat bantu kerja, antara lain : raskam, benang, kertas gosok, dll. Pelaksanaan ·          Acian dapat dilaksanakan setelah permukaan plesteran sudah kering (cukup umur). ·          Permukaan plesteran sebelum di aci telebih dahulu disiram air.  Untuk memperoleh hasil acian yang halus, setelah plesteran diberi lapisan acian MU permukaan acian sebelum mengering digosok dengan menggunakan kertas gosok.