Langsung ke konten utama

Kerangka Skripsi

1. Bab Pendahuluan

 Bab 1 biasanya mengemukakan enam hal antara lain : (a) latar belakang masalah (b) identifikasi masalah  (c) batasan masalah, (d) rumusan masalah (e) tujuan penelitian (f) manfaat penelitian  


a. Latar Belakang Masalah  

bagian ini berisi gambaran umum, paparan, atau uraian seputar masala atau topik yang dikaji, yang bisa diperoleh dari berbagai sumber, misalnya buku, laporan penelitian, jurnal, seminar, surat kabar, majalah, atau keadaan lapangan. Gambaran umum bisa berupa kesenjangan antara teori dan praktik, atau antara harapan dan kenyataan. Lewat gambaran umum ini akan diperoleh pemahaman betapa pentingnya masalah atau topik tersebut dikaji, ditelaah, atau dianalisis agar diperoleh pemecahan atau solusi, baik secara teoritis maupun praktis.

b. Identifikasi Masalah

bagian ini berisi tentang penganalisaan secara mendalam akan suatu hal dan masalah yang ada pada latar belakang masalah. dari pembahasan latar belakang masalah, maka perlu adanya mengidentifikasi masalah secara terperinci yang bertujuan menjadi hal yang akan diteliti oleh peneliti dari skripsi yang dikerjakannya. hal yang terpenting identifikasi masalah harus sesuai dengan latar belakang masalah.

c.Batasan Masalah

bagian ini adalah pembatasan masalah yang telah dikemukakan di identifikasi masalah. seorang peneliti tidak harus meneliti segala masalah yang dikemukakan pada identifikasi masalah sehingga untuk mempermudah peneliti dan memfokuskan peneliti pada masalah yang akan diteliti sesuai dengan judul skripsi yang diajukannya.

d. Rumusan Masalah

bagian ini merupakan pengembangan masalah-masalah yang diteliti oleh peneliti. bagian ini berisi paparan bahwa selama ini masalah atau topik yang akan ditelaah memang belum terjawab secara tuntas atau belum terpecahkan secara memuaskan, baik yang berkaitan dengan konsep, cakupan, maupun analisisnya. 
dari paparan tersebut, maka perumusan masalah menggunakan pertanyaan-pertanyaan. pertanyaan-pertanyaan yang memuat variabel atau hubungan variabel yang akan kita telaah. 

e. Tujuan Penelitian

bagian ini berisikan tentang tujuan kita membuat perumusan masalah sebelumnya. dengan adanya tujuan penelitian ini, maka kita akan memfokuskan penelitian ini di rumusan masalah. di rumusan masalah dimulai dengan kata tanya  sedangkan tujuan penelitian inilah adalah jawaban dasar untuk melakukan penelitian tersebut.

f.Manfaat Penelitian

bagian ini adalah hal positif yang yang dihasilkan jika peneliti melakukan penelitian tersebut. biasanya dalam skripsi manfaat dibagi dua menjadi manfaat teoritis dan manfaat praktis.  manfaat itu sendiri juga tidak hanya untuk peneliti namun juga untuk pihak-pihak yang ikut berperan serta dalam penelitian tersebut. 

terkadang ada juga yaitu Hipotesis Penelitian . Hipotesis penelitian ini merupakan jawaban sementara yang di asumsikan oleh peneliti. dengan mengasumsikan jawaban oleh peneliti maka peneliti harus mencari kebenaran dari hipotesis yang ia asumsikan.



DAFTAR PUSTAKA

 Muslich, Masnur. 2010 . Bagaiman Menulis Skripsi ? . Jakarta: Bumi Aksara

Komentar

Postingan populer dari blog ini

METODE KERJA PENGECORAN SLAB ON GROUND

1.     Pembersihan lokasi SLAB yang akan di betonisasi. 2.     Pembuatan rangkaian tulangan / wiremesh dapat dipabrikasi di lokasi proyek atau didatangkan dalam bentuk jadi. 3.     Pekerjaan pengukuran dilakukan selama pekerjaan berlangsung untuk menentukan elevasi ketinggian konstruksi, kontrol kedataran Slab ( ± 0.00 ), kebenaran posisi slab dan yang lainya. 4.     Pengecoran LC   agar tidak terjadi penurunan saat konstruksi sudah selesai dibangun sehingga menyebabkan kerusakan atau retak-retak. 5.     Pemasangan besi tulangan atau wiremesh diatas LC ( Lean Concrete). 6.     Pemasangan papan bekisting pada tepi cor dan stop cor. 7.     Pengecoran beton dilakukan setelah pembesian dan bekisting terpasang sempurna. 8.     Perataan permukaan slab dilakukan saat cor masih basah menjelang kering. 9.     Penundaan proses pengeringan beton agar tidak mengalami keterakan dapat menambahkan bahan kimia pada adukan, atau dengan menutup permukaan beton dengan kain karung b

METODE KERJA PEMASANGAN CLADDING

  Pelaksanaan   : 1.     Tentukan luas bidang dan titik tengah yang akan diaplikasikan cladding 2.     Kemudian pasangkan rangka seperti CNP, siku, dll disesuaikan dengan berat cladding 3.     Jarak rangka untuk cladding sesuai dengan shopdrawing yang telah di approval 4.     Pemasangan cladding dimulai dari tengah titik yang telah ditentukan semula. 5.     Kemudian pasang sekrup tembak untuk menguatkan bidang cladding 6.     Terakhir untuk finishing pekerjaan cladding, dilakukan pengecatan sesuai desain warna yang diinginkan.    

METODE KERJA ACIAN DINDING

Persiapan Pembuatan dan pengajuan gambar shop drawing pekerjaan acian. Approval material yang akan digunakan. Persiapan lahan kerja. Persiapan material kerja, antara lain : MU 200 Persiapan alat bantu kerja, antara lain : raskam, benang, kertas gosok, dll. Pelaksanaan ·          Acian dapat dilaksanakan setelah permukaan plesteran sudah kering (cukup umur). ·          Permukaan plesteran sebelum di aci telebih dahulu disiram air.  Untuk memperoleh hasil acian yang halus, setelah plesteran diberi lapisan acian MU permukaan acian sebelum mengering digosok dengan menggunakan kertas gosok.