Langsung ke konten utama

Angket Penelitian Iklim sekolah dan ekstrakurikuler pramuka


UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA
ANGKET PENELITIAN
PENGARUH PEMBELAJARAN EKSTRAKULIKULER KEPRAMUKAAN DAN IKLIM SEKOLAH TERHADAP PRESTASI HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PAKET KEAHLIAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN PADA SISWA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK BANGUNAN
SMK NEGERI 1 SEYEGAN
Selamat Pagi/Siang/Sore

Perkenalkan saya BUDIMAN PRATAMA PUTRA Mahasiswa Program S-1 Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Yogyakarta. Bermaksud melakukan penelitian mengenai PENGARUH PEMBELAJARAN EKSTRAKULIKULER KEPRAMUKAAN DAN IKLIM SEKOLAH TERHADAP PRESTASI HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PAKET KEAHLIAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN PADA SISWA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK BANGUNAN SMK NEGERI 1 SEYEGAN.

Saya berharap Saudara bersedia untuk menjadi responden dalam penelitian ini. Saudara mendapat kesempatan untuk bertanya pertanyaan-pertanyaan penelitian yang saya sajikan dalam koesioner penelitian tersebut.

Semua informasi yang Saudara berikan terjamin kerahasiannya,

Setelah Saudara membaca maksud dan tahapan penelitian diatas, maka saya mohon untuk mengisi nama dan tanda tangan dibawah ini sebagai persetujuan.







Setelah menandatangi penyataan tersebut diatas, saya mohon kesediaan Saudara untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan dibawah ini dengan jujur, tanpa bantuan orang lain dan sesuai dengan keadaan yang sebenarnya. Tandai jawaban Saudara dengan MEMBERI CENTANG dari  kotak jawaban yang tersedia.
Dengan ini saya bersedia mengikuti penelitian ini dan bersedian mengisi koesioner yang telah disediakan di bawah ini.
                                                                                                                                   Tertanda


                                                                                                               (…………..……..……………………………………….)
 

ANGKET PENELITIAN

Petunjuk Pengisian Angket :
1.    Isilah nama nama responden dengan nama anda, isi pula kelas dan no absen pada lembar yang telah disediakan.
2.    Pengisian angket ini sama sekali tidak mempengaruhi nilai raport anda dan pilihan anda tidak dinilai “benar” atau “salah”. Karena itu diharapkan anda memberikan jawaban yang sebenar-benarnya berdasarkan penilaian anda sendiri.
3.    Cara menjawab penyataan dalam angket ini adalah dengan memberikan (√) pada jawaban yang telah tersedia. Pada lembar lain telah disajikan beberapa pernyataan dan anda diminta untuk memilih salah satu dari empat jawaban yang telah tersedia. Masing-masing alternatif jawaban memiliki arti sebagai berikut :
a.   TS       : Menyatakan bahwa kondisi sekolah  tidak sesuai  
             dengan pernyataan tersebut.
b.   KS       : Menyatakan bahwa kondisi sekolah kurang sesuai  
             dengan pernyataan tersebut.
c.    S         : Menyatakan bahwa kondisi sekolah sesuai dengan    
    pernyataan tersebut.
d.   SS       : Menyatakan bahwa kondisi sekolah sangat sesuai 
             dengan   pernyataan tersebut.
4.    Saya ucapkan terimakasih atas ketersediaan anda mengisi angket.
ANGKET PENELITIAN
Nama responden    :
Kelas /No Absen     :
           
IKLIM SEKOLAH

No
Pernyataan
Jawaban
TS
KS
S
SS
1
Sekolah saya jauh dari keramaian kota




2
Lingkungan sekolah saya tertata dengan baik




3
Akses jalan menuju sekolah saya mudah dijangkau karena letak sekolah strategis




4
Ruang-ruang yang ada di sekolah memiliki tata letak yang baik




5
Lahan sekolah memiliki luas yang memadai




6
Kebersihan di sekolah saya terjaga dengan baik




7
Sekolah saya  tidak memiliki tempat parkir yang memadai




8
Sekolah saya memiliki pagar yang berfungsi mengurangi gangguan dari luar sekolah




9
Sekolah saya memiliki gedung perpustakaan yang memadai




10
Ruangan kelas saya mendapatkan pencahayaan yang memadai untuk belajar




11
Sumber pencahayaan alami di ruang kelas ditata secara merata




12
Ruangan kelas saya memiliki sirkulasi udara yang baik 




13
Ruangan kelas saya tidak pengap




14
Kursi dan meja siswa dikelas saya masih layak digunakan




15
Papan tulis di kelas saya masih layak digunakan




16
Persaingan untuk mencapai prestasi terjadi secara sehat





17
Kelompok mayoritas siswa mengucilkan kelompok minoritas




18
saya bertegur sapa  dengan teman saya saat bertemu/berpapasan




19
Saya akan menundukkan badan/kepala saat bertemu dengan guru untuk memberikan rasa hormat




20
Guru memberikan alternatif solusi untuk masalah yang dihadapi siswa




21
Kepala sekolah memfasilitasi kebutuhan siswa untuk mencapai prestasi belajar yang baik




22
Saya berkomunikasi dengan para staf  sekolah secara baik




23
Saya menunjukkan rasa hormat saat bertemu  dengan staf sekolah




24
Teknisi bengkel memberikan pelayanan yang baik kepada siswa yang sedang melakukan praktek




25
Peraturan sekolah dirumuskan bersama dan disepakati oleh pihak sekolah dan wakil siswa




26
Peraturan sekolah ditaati oleh kepala sekolah, guru, staf maupun siswa  sekolah dengan baik




27
Ketertiban di sekolah saya mendukung proses pembelajaran




28
Saya tidak membuang sampah  sembarang tempat di sekolah




29
Saya merapikan alat kerja gambar yang dipakai sebelum meninggalkan ruang gambar




30
Ruangan gambar diupayakan selalu bersih dan rapi setelah saya dan siswa lainnya mempergunakannya antara lain dengan piket siswa, teknisi, maupun cleaning service





Ekstrakurikuler Kepramukaan

No
Pernyataan
Jawaban
TS
KS
S
SS
31
Kegiatan Persami (Perkemahan Sabtu minggu) yang saya ikuti dapat mengembangkan pribadi saya untuk menjadi manusia yang berkualitas




32
Jelajah alam yang saya ikuti di kepramukaan meningkatkan kecintaan saya terhadap Tuhan YME dan segala ciptaannya di bumi




33
Pelatihan sandi semaphore dan morse  yang saya ikuti dari dewan ambalan dapat meningkatkan pengetahuan kode dan sandi komunikasi pada diri saya




34
 Kegiatan PBB (Pasukan Baris Berbaris) yang saya ikuti membentuk pribadi saya menjadi patriot bertanggung jawab bagi bangsa dan negara




35
Saya mendapatkan keterampilan baru dengan mengikuti kegiatan tali temali




36
Kegiatan filtrasi(penjernihan air) yang saya ikuti dari dewan ambalan dapat saya terapkan di kehidupan sehari-hari




37
Selain meningkatkan kepercayaan diri saya, kegiatan outbond yang saya ikuti dalam kegiatan pramuka juga menumbuhkan rasa keberanian saya dalam mengambil resiko




38
Game-game kekompakan bersama anggota pramuka yang saya ikuti dapat meningkatkan kecerdasan emosional saya.




39
Pelatihan P3K yang saya ikuti di kepramukaan membuat saya tumbuh menjadi pribadi yang sigap dalam menolong orang lain





40
Selain memberikan petualangan yang menarik di alam terbuka, Perkata (Perkemahan Akhir tahun) yang saya ikuti juga dapat meningkatkan keakraban dengan dewan ambalan dan anggota pramuka lainnya




41
Dewan ambalan mengajar materi- materi pramuka dengan suasana akrab




42
Materi yang diajarkan dewan ambalan dan Pembina pramuka dalam ekstrakurikuler kepramukaan mudah dipahami




43
Perlengkapan untuk kegiatan pramuka di sekolah saya mencukupi untuk semua jenis kegiatan




44
Sekolah menyediakan ruangan untuk penyimpanan perlengkapan kegiatan pramuka




45
Ruangan penyimpanan perlengkapan kegiatan pramuka tertata dengan rapi




46
Perlengkapan kegiatan pramuka  yang disediakan oleh sekolah semuanya dalam kondisi baik




47
Metode pembinaan dengan pemberian teori disertai praktek oleh dewan ambalan kepada anggota pramuka sesuai dengan tujuan masing-masing kegiatan




48
Saya dapat menerapkan dasar darma pramuka di kehidupan sehari-hari dari kegiatan-kegiatan kepramukaan yang saya laksanakan




49
Saya mengikuti jadwal pelatihan kepramukaan dengan tertib




50
Saya mengikuti ekstrakurikuler kepramukaan karena kegiatannya menarik




51
Esktrakurikuler kepramukaan yang saya ikuti karena semata-mata  kewajiban dari sekolah





Komentar

Postingan populer dari blog ini

METODE KERJA PENGECORAN SLAB ON GROUND

1.     Pembersihan lokasi SLAB yang akan di betonisasi. 2.     Pembuatan rangkaian tulangan / wiremesh dapat dipabrikasi di lokasi proyek atau didatangkan dalam bentuk jadi. 3.     Pekerjaan pengukuran dilakukan selama pekerjaan berlangsung untuk menentukan elevasi ketinggian konstruksi, kontrol kedataran Slab ( ± 0.00 ), kebenaran posisi slab dan yang lainya. 4.     Pengecoran LC   agar tidak terjadi penurunan saat konstruksi sudah selesai dibangun sehingga menyebabkan kerusakan atau retak-retak. 5.     Pemasangan besi tulangan atau wiremesh diatas LC ( Lean Concrete). 6.     Pemasangan papan bekisting pada tepi cor dan stop cor. 7.     Pengecoran beton dilakukan setelah pembesian dan bekisting terpasang sempurna. 8.     Perataan permukaan slab dilakukan saat cor masih basah menjelang kering. 9.     Penundaan proses pengeringan beton agar tidak mengalami keterakan dapat menambahkan bahan kimia pada adukan, atau dengan menutup permukaan beton dengan kain karung b

METODE KERJA PEMASANGAN CLADDING

  Pelaksanaan   : 1.     Tentukan luas bidang dan titik tengah yang akan diaplikasikan cladding 2.     Kemudian pasangkan rangka seperti CNP, siku, dll disesuaikan dengan berat cladding 3.     Jarak rangka untuk cladding sesuai dengan shopdrawing yang telah di approval 4.     Pemasangan cladding dimulai dari tengah titik yang telah ditentukan semula. 5.     Kemudian pasang sekrup tembak untuk menguatkan bidang cladding 6.     Terakhir untuk finishing pekerjaan cladding, dilakukan pengecatan sesuai desain warna yang diinginkan.    

METODE KERJA ACIAN DINDING

Persiapan Pembuatan dan pengajuan gambar shop drawing pekerjaan acian. Approval material yang akan digunakan. Persiapan lahan kerja. Persiapan material kerja, antara lain : MU 200 Persiapan alat bantu kerja, antara lain : raskam, benang, kertas gosok, dll. Pelaksanaan ·          Acian dapat dilaksanakan setelah permukaan plesteran sudah kering (cukup umur). ·          Permukaan plesteran sebelum di aci telebih dahulu disiram air.  Untuk memperoleh hasil acian yang halus, setelah plesteran diberi lapisan acian MU permukaan acian sebelum mengering digosok dengan menggunakan kertas gosok.