UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA
ANGKET PENELITIAN
PENGARUH PEMBELAJARAN EKSTRAKULIKULER KEPRAMUKAAN DAN
IKLIM SEKOLAH TERHADAP PRESTASI HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PAKET KEAHLIAN
TEKNIK GAMBAR BANGUNAN PADA SISWA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK BANGUNAN
SMK NEGERI 1 SEYEGAN
Selamat Pagi/Siang/Sore
Perkenalkan saya BUDIMAN PRATAMA PUTRA Mahasiswa Program S-1 Pendidikan Teknik
Sipil dan Perencanaan, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Yogyakarta.
Bermaksud melakukan penelitian mengenai PENGARUH PEMBELAJARAN EKSTRAKULIKULER KEPRAMUKAAN DAN IKLIM SEKOLAH
TERHADAP PRESTASI HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PAKET KEAHLIAN TEKNIK GAMBAR
BANGUNAN PADA SISWA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK BANGUNAN SMK NEGERI 1
SEYEGAN.
Saya berharap Saudara bersedia untuk
menjadi responden dalam penelitian ini. Saudara mendapat kesempatan untuk
bertanya pertanyaan-pertanyaan penelitian yang saya sajikan dalam koesioner
penelitian tersebut.
Semua informasi yang Saudara berikan
terjamin kerahasiannya,
Setelah Saudara membaca maksud dan
tahapan penelitian diatas, maka saya mohon untuk mengisi nama dan tanda
tangan dibawah ini sebagai persetujuan.
Setelah menandatangi
penyataan tersebut diatas, saya mohon kesediaan Saudara untuk menjawab
pertanyaan-pertanyaan dibawah ini dengan jujur, tanpa bantuan orang lain
dan sesuai dengan keadaan yang sebenarnya. Tandai jawaban Saudara dengan MEMBERI CENTANG dari kotak jawaban yang tersedia.
|
Dengan ini saya
bersedia mengikuti penelitian ini dan bersedian mengisi koesioner yang
telah disediakan di bawah ini.
Tertanda
(…………..……..……………………………………….)
|
ANGKET
PENELITIAN
Petunjuk
Pengisian Angket :
1.
Isilah
nama nama responden dengan nama anda, isi pula kelas dan no absen pada lembar
yang telah disediakan.
2.
Pengisian
angket ini sama sekali tidak mempengaruhi nilai raport anda dan pilihan anda
tidak dinilai “benar” atau “salah”. Karena itu diharapkan anda memberikan
jawaban yang sebenar-benarnya berdasarkan penilaian anda sendiri.
3.
Cara
menjawab penyataan dalam angket ini adalah dengan memberikan (√) pada jawaban
yang telah tersedia. Pada lembar lain telah disajikan beberapa pernyataan dan
anda diminta untuk memilih salah satu dari empat jawaban yang telah tersedia.
Masing-masing alternatif jawaban memiliki arti sebagai berikut :
a.
TS :
Menyatakan bahwa
kondisi sekolah tidak sesuai
dengan pernyataan
tersebut.
b.
KS :
Menyatakan bahwa
kondisi sekolah kurang sesuai
dengan pernyataan tersebut.
c.
S :
Menyatakan bahwa
kondisi sekolah sesuai dengan
pernyataan
tersebut.
d.
SS :
Menyatakan bahwa
kondisi sekolah sangat sesuai
dengan pernyataan tersebut.
dengan pernyataan tersebut.
4.
Saya
ucapkan terimakasih atas ketersediaan anda mengisi angket.
ANGKET
PENELITIAN
Nama responden :
Kelas
/No Absen :
IKLIM
SEKOLAH
No
|
Pernyataan
|
Jawaban
|
|||
TS
|
KS
|
S
|
SS
|
||
1
|
Sekolah
saya jauh dari keramaian kota
|
||||
2
|
Lingkungan
sekolah saya tertata dengan baik
|
||||
3
|
Akses
jalan menuju sekolah saya mudah dijangkau karena letak sekolah strategis
|
||||
4
|
Ruang-ruang
yang ada di sekolah memiliki tata letak yang baik
|
||||
5
|
Lahan
sekolah memiliki luas yang memadai
|
||||
6
|
Kebersihan
di sekolah saya terjaga dengan baik
|
||||
7
|
Sekolah
saya tidak memiliki tempat parkir yang
memadai
|
||||
8
|
Sekolah
saya memiliki pagar yang berfungsi mengurangi gangguan dari luar sekolah
|
||||
9
|
Sekolah
saya memiliki gedung perpustakaan yang memadai
|
||||
10
|
Ruangan
kelas saya mendapatkan pencahayaan yang memadai untuk belajar
|
||||
11
|
Sumber
pencahayaan alami di ruang kelas ditata secara merata
|
||||
12
|
Ruangan
kelas saya memiliki sirkulasi udara yang baik
|
||||
13
|
Ruangan
kelas saya tidak pengap
|
||||
14
|
Kursi
dan meja siswa dikelas saya masih layak digunakan
|
||||
15
|
Papan
tulis di kelas saya masih layak digunakan
|
||||
16
|
Persaingan
untuk mencapai prestasi terjadi secara sehat
|
||||
17
|
Kelompok
mayoritas siswa mengucilkan kelompok minoritas
|
||||
18
|
saya
bertegur sapa dengan teman saya saat bertemu/berpapasan
|
||||
19
|
Saya
akan menundukkan badan/kepala saat bertemu dengan guru untuk memberikan rasa hormat
|
||||
20
|
Guru
memberikan alternatif solusi untuk masalah yang dihadapi siswa
|
||||
21
|
Kepala
sekolah memfasilitasi kebutuhan siswa untuk mencapai prestasi belajar yang
baik
|
||||
22
|
Saya
berkomunikasi dengan para staf sekolah
secara baik
|
||||
23
|
Saya
menunjukkan rasa hormat saat bertemu dengan staf sekolah
|
||||
24
|
Teknisi
bengkel memberikan pelayanan yang baik kepada siswa yang sedang melakukan
praktek
|
||||
25
|
Peraturan
sekolah dirumuskan bersama dan disepakati oleh pihak sekolah dan wakil siswa
|
||||
26
|
Peraturan
sekolah ditaati oleh kepala sekolah, guru, staf maupun siswa sekolah dengan baik
|
||||
27
|
Ketertiban
di sekolah saya mendukung proses pembelajaran
|
||||
28
|
Saya
tidak membuang sampah sembarang tempat
di sekolah
|
||||
29
|
Saya
merapikan alat kerja gambar yang dipakai sebelum meninggalkan ruang gambar
|
||||
30
|
Ruangan
gambar diupayakan selalu bersih dan rapi setelah saya dan siswa lainnya
mempergunakannya antara lain dengan piket siswa, teknisi, maupun cleaning service
|
Ekstrakurikuler
Kepramukaan
No
|
Pernyataan
|
Jawaban
|
|||
TS
|
KS
|
S
|
SS
|
||
31
|
Kegiatan
Persami (Perkemahan Sabtu minggu) yang saya ikuti dapat mengembangkan pribadi
saya untuk menjadi manusia yang berkualitas
|
||||
32
|
Jelajah
alam yang saya ikuti di kepramukaan meningkatkan kecintaan saya terhadap
Tuhan YME dan segala ciptaannya di bumi
|
||||
33
|
Pelatihan
sandi semaphore dan morse
yang saya ikuti dari dewan ambalan dapat meningkatkan pengetahuan kode
dan sandi komunikasi pada diri saya
|
||||
34
|
Kegiatan PBB (Pasukan Baris Berbaris) yang
saya ikuti membentuk pribadi saya menjadi patriot bertanggung jawab bagi
bangsa dan negara
|
||||
35
|
Saya
mendapatkan keterampilan baru dengan mengikuti kegiatan tali temali
|
||||
36
|
Kegiatan
filtrasi(penjernihan air) yang saya ikuti dari dewan ambalan dapat saya
terapkan di kehidupan sehari-hari
|
||||
37
|
Selain
meningkatkan kepercayaan diri saya, kegiatan outbond yang saya ikuti dalam
kegiatan pramuka juga menumbuhkan rasa keberanian saya dalam mengambil resiko
|
||||
38
|
Game-game
kekompakan bersama anggota pramuka yang saya ikuti dapat meningkatkan
kecerdasan emosional saya.
|
||||
39
|
Pelatihan
P3K yang saya ikuti di kepramukaan membuat saya tumbuh menjadi pribadi yang
sigap dalam menolong orang lain
|
||||
40
|
Selain
memberikan petualangan yang menarik di alam terbuka, Perkata (Perkemahan
Akhir tahun) yang saya ikuti juga dapat meningkatkan keakraban dengan dewan
ambalan dan anggota pramuka lainnya
|
||||
41
|
Dewan
ambalan mengajar materi- materi pramuka dengan suasana akrab
|
||||
42
|
Materi
yang diajarkan dewan ambalan dan Pembina pramuka dalam ekstrakurikuler
kepramukaan mudah dipahami
|
||||
43
|
Perlengkapan
untuk kegiatan pramuka di sekolah saya mencukupi untuk semua jenis kegiatan
|
||||
44
|
Sekolah
menyediakan ruangan untuk penyimpanan perlengkapan kegiatan pramuka
|
||||
45
|
Ruangan
penyimpanan perlengkapan kegiatan pramuka tertata dengan rapi
|
||||
46
|
Perlengkapan
kegiatan pramuka yang disediakan oleh
sekolah semuanya dalam kondisi baik
|
||||
47
|
Metode
pembinaan dengan pemberian teori disertai praktek oleh dewan ambalan kepada
anggota pramuka sesuai dengan tujuan masing-masing kegiatan
|
||||
48
|
Saya
dapat menerapkan dasar darma pramuka di kehidupan sehari-hari dari kegiatan-kegiatan
kepramukaan yang saya laksanakan
|
||||
49
|
Saya
mengikuti jadwal pelatihan kepramukaan dengan tertib
|
||||
50
|
Saya
mengikuti ekstrakurikuler kepramukaan karena kegiatannya menarik
|
||||
51
|
Esktrakurikuler
kepramukaan yang saya ikuti karena semata-mata kewajiban dari sekolah
|
Komentar
Posting Komentar