Langsung ke konten utama

RPP Ilmu Statika dan Tegangan


RPP KOMPETENSI JURUSAN
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

1.      Satuan Pendidikan                : SMK Negeri 1 Seyegan
Mata Pelajaran                        : ILMU STATIKA DAN TEGANGAN
Program Studi Keahlian          : Teknik Bangunan
Kompetensi Keahlian              : Teknik Konstruksi Batu Beton
Kelas/Semester                        : X/1-2
Jumlah Pertemuan                   :  1 X 20 Menit
Pertemuan Ke                         : 1 (satu)

2.      Standar Kompetensi
 1.  Menerapkan Ilmu Statika dan Tegangan.

3.      Kompetensi Dasar
 1.1 Menjelaskan Besaran Vektor, Besaran Skalar, Sistem Satuan, dan Gaya

4.      Indikator Pencapaian
      Kognitif
·         Siswa dapat menjelaskan besaran vector dan besaran scalar
·         Siswa dapat membedakan besaran vector dengan besaran scalar

Psikomotor
·            Siswa dapat menyelesaikan contoh soal yang berhubungan dengan besaran vector, besaran scalar dan gaya.

5.   Tujuan Pembelajaran
Dengan diberikan pembelajaran, diskusi, dan penugasan
1.      Kognitif
·         Siswa dapat mengerti tentang ilmu statika
·         Siswa dapat menjelaskan besaran vector dan besaran scalar
·         Siswa dapat memberi contoh besaran vector dan besaran skalar
·         Siswa dapat mengidentifikasi gaya  


6.   Materi Ajar
·         Pengantar Ilmu Mekanika
·         Gaya


7.  Alokasi Waktu                       : 20 menit

8.      Metode Pembelajaran           :  Ceramah, Tanya Jawab, dan Diskusi
9.      Kegiatan Pembelajaran


No
Tahap
Kegiatan Pembelajaran
Waktu (menit)
Media
Guru
Siswa
1
Pendahuluan

·      Salam pembuka
·      Absensi
·      Menyampaikan motivasi
·      Menyampaikan indicator dan tujuan pembelajaran
·      Penyampaian cakupan materi


Memperhatikan

Memperhatikan

Memperhatikan






3 menit



Ceramah

2
Kegiatan inti

·         Memberikan pengantar tentang ilmu mekanika
·         Menjelaskan besaran yang telah dipelajari ditingkat sebelumnya.
·         Menjelaskan besaran scalar dan vector.
·         Menjelaskan sistem satuan
·         Menjelaskan gaya, besaran, dan satuan gaya

·         Memberi kesempatan untuk siswa mencatat hal-hal penting yang dijelaskan.
·         Memberi kesempatan bagi siswa untuk bertanya hal yang belum dipahami pada bab  yang sedang diajarkan.
·         Memberi  tugas beberapa contoh untuk diselesaikan tentang materi yang telah diajarkan

Memperhatikan

Memperhatikan


Memperhatikan
Memperhatikan
Memperhatikan

Mencatat hal-hal penting yang telah dijelaskan oleh guru

Berpartisipasi bertanya untuk hal-hal yang kurang dipahami tentang materi tersebut

Mengerjakan tugas yang diberikan







12 Menit


Ceramah dan papan tulis


3
Penutup
·         Melakukan evaluasi
·         Merangkum dan menyimpulkan pelajaran
·         Memberi Informasi tentang materi pertemuan selanjutnya

          



5 menit



7.      Penilaian
·         Tanya Jawab
·         Tes Tertulis
·         Latihan/tugas
8.      Sumber Belajar
·         Buku Mekanika Teknik Bangunan
·         Modul IST SMK Seyegan DIY
9.   Penilaian Hasil Belajar

      Pada akhir kegiatan inti, Guru memberikan beberapa contoh soal Kuis untuk siswa
1.      Sebutkan apa saja yang menjadi ilmu dasar dalam statika !
2.      Sebutkan 7 besaran pokok dalam SI !
3.      Jelaskan perbedaan scalar dengan vector !

Jawaban :
1.        Statika, Kinematika, dan Dinamika
2.        
Nama Besaran Pokok
Satuan
Panjang
Meter
Massa
Kilogram
Waktu
Detik
Suhu
Kelvin
Kuat Arus
Ampere
Jumlah Molekul
Mol
Intensitas Cahaya
Candela










3.       Besaran vektor adalah besaran yang mempunyai nilai dan arah sebagai contoh besaran kecepatan, percepatan dan lain-lain.
Besaran skalar adalah besaranyang  mempunyai nilai saja sebagai contoh kelajuan, perlajuan dan lain-lain.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

METODE KERJA PENGECORAN SLAB ON GROUND

1.     Pembersihan lokasi SLAB yang akan di betonisasi. 2.     Pembuatan rangkaian tulangan / wiremesh dapat dipabrikasi di lokasi proyek atau didatangkan dalam bentuk jadi. 3.     Pekerjaan pengukuran dilakukan selama pekerjaan berlangsung untuk menentukan elevasi ketinggian konstruksi, kontrol kedataran Slab ( ± 0.00 ), kebenaran posisi slab dan yang lainya. 4.     Pengecoran LC   agar tidak terjadi penurunan saat konstruksi sudah selesai dibangun sehingga menyebabkan kerusakan atau retak-retak. 5.     Pemasangan besi tulangan atau wiremesh diatas LC ( Lean Concrete). 6.     Pemasangan papan bekisting pada tepi cor dan stop cor. 7.     Pengecoran beton dilakukan setelah pembesian dan bekisting terpasang sempurna. 8.     Perataan permukaan slab dilakukan saat cor masih basah menjelang kering. 9.     Penundaan proses pengeringan beton agar tidak mengalami keterakan dapat menambahkan bahan kimia pada adukan, atau dengan menutup permukaan beton dengan kain karung b

METODE KERJA PEMASANGAN CLADDING

  Pelaksanaan   : 1.     Tentukan luas bidang dan titik tengah yang akan diaplikasikan cladding 2.     Kemudian pasangkan rangka seperti CNP, siku, dll disesuaikan dengan berat cladding 3.     Jarak rangka untuk cladding sesuai dengan shopdrawing yang telah di approval 4.     Pemasangan cladding dimulai dari tengah titik yang telah ditentukan semula. 5.     Kemudian pasang sekrup tembak untuk menguatkan bidang cladding 6.     Terakhir untuk finishing pekerjaan cladding, dilakukan pengecatan sesuai desain warna yang diinginkan.    

METODE KERJA ACIAN DINDING

Persiapan Pembuatan dan pengajuan gambar shop drawing pekerjaan acian. Approval material yang akan digunakan. Persiapan lahan kerja. Persiapan material kerja, antara lain : MU 200 Persiapan alat bantu kerja, antara lain : raskam, benang, kertas gosok, dll. Pelaksanaan ·          Acian dapat dilaksanakan setelah permukaan plesteran sudah kering (cukup umur). ·          Permukaan plesteran sebelum di aci telebih dahulu disiram air.  Untuk memperoleh hasil acian yang halus, setelah plesteran diberi lapisan acian MU permukaan acian sebelum mengering digosok dengan menggunakan kertas gosok.